GRAB


Minggu, 31 Maret 2019

Standar Laporan Keuangan

STANDAR LAPORAN KEUANGAN

A. Pengertian Laporan Keuangan

Pengertian Laporan Keuangan menurut Standar Akuntansi

“Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan perubahan posisi keuangan (yang dapat disajikan dalam berbagai cara seperti misal, sebagai laporan arus KAS, atau laporan arus dana), catatan juga termasuk skedul dan informasi tambahan yang berkaitan dengan laporan tersebut, misal informasi keuangan segmen industri dan geografis serta pengungkapan pengaruh perubahan harga.

Pengertian SAK

Standar Akuntansi Keuangan (SAK) adalah suatu kerangka dalam prosedur pembuatan laporan keuangan  agar terjadi keseragaman dalam penyajian laporan keuangan. Standar Akuntansi Keuangan (SAK) merupakan hasil perumusan Komite Prinsipil Akuntansi Indonesia pada tahun 1994 menggantikan Prinsip Akuntansi Indonesia tahun 1984.  SAK di Indonesia menrupakan terapan dari beberapa standard akuntansi yang ada seperti, IAS,IFRS,ETAP,GAAP. Selain itu ada juga PSAK syariah dan juga SAP.

Selain untuk keseragaman laporan keuangan, Standar akuntansi juga diperlukan untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan, memudahkan auditor serta Memudahkan pembaca laporan keuangan untuk menginterpretasikan dan membandingkan laporan keuangan entitas yang berbeda. Di Indonesia SAK yang diterapkan akan berdasarkan IFRS pada tahun 2012 mendatang.

Terdapat enam kelompok pemakai laporan keuangan yaitu inverstor pasar modal, pemberi kredit, manajer perusahaan, auditor eksternal dan internal, regulator, dan pegawai perusahaan.

a. Investor pasar modal
Orang-orang yang berinvestasi di pasar modal adalah orang yang berani menanggung resiko. Sebagai pemilik perusahaan, kekayaan mereka bertambah seiring dengan semakin bertambahnya kekayaan perusahaan, dan berkurang ketika kekayaan perusahaan berkurang. Sebagai pemegang saham, investor pasar modal yang berinvestasi pada ekuitas yang dimiliki perusahaan akan mendapatkan hak residual atas aktiva milik perusahaan, mereka mendapatkan pengembalian (disebut juga sebagai return) atas investasi yang mereka lakukan hanya jika hak pemegang kepentingan lainnya telah terpenuhi.

b. Pemberi Kredit
Para kreditor menganalisis laporan keuangan untuk menetapkan profitabilitas atas pembayaran pokok maupun bunga pinjaman yang telah diberikan. Mereka memberikan pinjaman baik dalam jangkan pendek maupun jangka panjang. Kreditor yang memberikan pinjaman jangka pendek umumnya mendanai operasi perusahaan pada tahun berjalan.

c. Manajer Perusahaan
Para manajer adalah profesional bisnis yang mengoperasikan perusahaan untuk kepentingan pemilik. Sebagai pihak yang bekerja dalam suatu perusahaan, tugas mereka adalah memaksimalkan harga saham perusahaan melalui penggunaan produktif aktiva yang dimiliki perusahaan. Para manajer menggunakan informasi laporan keuangan untuk mengendalikan dan merencanakan kegiatan perusahaan. Informasi laporan keuangan membantu mereka menyusun strategi bisnis, penawaran produk, dan inisiatif pemasaran.

d. Auditor Internal dan Eksternal
Internal auditor mengetahui operasi perusahaan, dan eksternal auditor memberikan pendapat tentang kewajaran laporan keuangan suatu entitas. Auditor-auditor dipekerjakan oleh suatu entitas memberikan keyakinan kepatuhan dengan kebijakan perusahaan, mengukur kinerja dan memberi rekomendasi perbaikan operasi. Akuntan Independen yang bersertifikasi akuntan publik memberikan opini tentang kewajaran laporan keuangan perusahaan. Kedua kelompok auditor tersebut menganalisis laporan keuangan dalam rangka melakukan tugas audit mereka.

c. Regulator
Berbagai lembaga pemerintahan menganalisis laporan keuangan sebagai bagian tugas regulatori mereka. Salah satunya Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM), mengatur pasar modal di Indonesia. Badan ini berkewajiban untuk memperoleh keyakinan investor dan kreditor mendapatkan ungkapan tentang aktifitas perusahaan secara penuh dan wajar.

d. Pegawai Perusahaan
Sebagai salah satu pemakai kelompok laporan keuangan, pegawai menganalisis manfaat dari keakuratan dan kebenaran atas kinerja yang dihasilkan perusahaan. Walaupun kandungan dan prosedur spesifikasi yang digunakan berbeda-beda antar analis, mereka semua menggunakan data yang diungkapkan secara publik dalam rangka membuat keputusan-keputusan yang lebih baik. Penyajian gambaran kinerja perusahaan yang benar dan wajar adalah tujuan pelaporan keuangan, membuat gambaran yang disajikan tersebut masuk akal adalah pekerjaan analisis laporan keuangan.

B. Tujuan Laporan Keuangan

Menurut APB Statement No. 4 laporan keuangan memiliki tujuan secara umum sebagai berikut:
1) Memberikan informasi yang terpercaya tentang sumberdaya ekonomi dan kewajiban perusahaan.
2) Memberikan informasi yang terpercaya tentang sumber kekayaan bersih yang berasal dari kegiatan usaha dalam mencari laba.
3) Memungkinkan untuk menaksir potensi perusahaan dalam menghasilkan laba.
4) Memberikan informasi yang diperlukan lainnya tentang perubahan aktiva dan kewajiban, dan
5) Mengungkapkan informasi releva lainnya yang dibutuhkan para pemakai laporan.
Berdasarkan pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan.

C. Standar Laporan Keuangan

Pelaporan keuangan dalam akuntansi biasanya didasarkan pada peraturan ataupun standar yang berlaku, missal untuk
Akuntansi komersial memakai Pernyataan Standar Akuntansi ( PSAK ),
Organisasi nirlaba berpedoman dengan PSAK NO. 45, dan
Akuntansi sector public yang berpedoman pada PSAP.

D. Prosedur Analisis Keuangan

Menurut Bernstein (1983 : 3) analisis laporan keuangan mencangkup penerapan metode dan teknik analitis atas laporan keuangan dan data lainnya untuk melihat dari laporan itu ukuruan-ukuran dan hubungan tertentu yang sangat berguna dalam proses pengambilan keputusan.

Dari pengertian tersebut dapat kita ketahui prosedur dalam analisis laporan keuangan :
Input : Laporan keuangan dan data lainnya
Metode dan teknik analisis laporan keuangan
Output : Informasi yang berguna bagi pengambilan Keputusan.
Prosedur analisis meliputi tahapan sebagai berikut :
a. Review Data Laporan Keuangan
Merupakan aktivitas penyesuaian data laporan keuangan terhadap berbagai hal, baik sifat/jenis perusahaan yang melaporkan maupun system akuntansi yang berlaku.

b. Menghitung
Dengan menggunakan berbagai metode dan teknik analisis dilakukan perhitungan-perhitungan, baik metode perbandingan, persentase per komponen, analisis rasio keuangan, dan lain-lain.

c. Membandingkan/Mengukur
Langkah berikutnya setelah melakukan perhitungan adalah membandingkan/mengukur. Langkah ini diperlukan guna mengetahui kondisi hasil perhitungan tersebut.

d. Menginterpretasi
Interpretasi merupakan inti dari proses analisa sebagai perpaduan antara hasil pembandingan/pengukuran dengan kaidah teoritik yang berlaku. Hasil interpretasi mencerminkan keberhasilan maupun permasalahan apa yang dicapai perusahaan dalam pengelolaan keuangan.

e. Solusi
Merupakan langkah terakhir dari rangkaian prosedur analisa. Dengan memahami problem keuangan yang dihadapi perusahaan maka akan ditempuh solusi yang tepat

Soal Pilihan Ganda :


Dibawah ini yang bukan merupakan tujuan laporan keuangan adalah.....

A. Memberikan informasi yang terpercaya tentang sumberdaya ekonomi dan kewajiban perusahaan.
B. Laporan keuangan dapat mempengaruhi keputusan pengguna dalam pengambilan keputusan
C. Memberikan informasi yang terpercaya tentang sumber kekayaan bersih yang berasal dari kegiatan usaha dalam mencari laba.
D. Memungkinkan untuk menaksir potensi perusahaan dalam menghasilkan laba.
E. Memberikan informasi yang diperlukan lainnya tentang perubahan aktiva dan kewajiban, dan

Rabu, 20 Maret 2019

Laporan Keuangan Usaha

Laporan Keuangan Usaha
Pengertian laporan keuangan usaha menurut para ahli:
Menurut Munawir dalam bukunya Analisa Laporan Keuangan menyatakan bahwa laporan keuangan adalah bersifat historis dan menyeluruh sebagai suatu laporan kemajuan (progress report).
Zaki Baridwan menyatakan bahwa Laporan keuangan adalah merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan, merupakan suatu ringkasan, dan transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama satu tahun buku yang bersangkutan.


7 Jenis Laporan Transaksi Keuangan

Pembuatan laporan keuangan bisnis bertujuan agar Anda dapat mengetahui arus kas bisnis anda, mulai dari sumber pemasukan, ke mana saja uang dibelanjakan, produk mana yang paling banyak menghasilkan profit, dan sebagainya. Nah, dalam membuat laporan keuangan akuntansi usaha mikro, setidaknya ada tujuh jenis pembukuan yang harus Anda susun, yaitu:
Buku kas – berfungsi mencatat keluar masuknya yang dalam satu periode dan bertujuan memberikan gambaran aktivitas bisnis dalam hal operasi, investasi, dan pendanaan.
Buku biaya – untuk mencatat biaya yang Anda keluarkan selama proses produksi, mulai dair membayar gaji karyawan, tagihan listrik, sewa tempat usaha, dan sebagainya.
Penjualan barang – untuk mencatat penjualan barang yang dilakukan selama periode tertentu, biasanya disertai dengan salinan faktur yang telah dibuat.
Persediaan barang – pencatatan persediaan barang yang dilakukan secara rutin, baik jumlah barang hingga harga pokoknya.
Pembelian barang – hanya untuk pencatatan pembelian-pembelian yang tidak dibayar secara tunai, diisi secara rutin berdasarkan faktur-faktur pembelian.
Buku piutang – berisi laporan pembayaran yang belum terlunasi, memudahkan Anda untuk memonitor sudah berapa lama piutang tidak tertagih sehingga Anda bisa segera mempercepat penarikan piutang. 
Buku utang – berisi laporan utang perusahaan yang harus dibayar pada periode tertentu kepada pihak lain.
Langkah-langkah membuat laporan keuangan:
1) Analisis transaksi,
2) Memasukkan transaksi tersebut dalam jurnal,
3) Posting catatan dalam jurnal tersebut ke dalam buku besar,
4) Mempersiapkan laporan keuangan berdasarkan daftar saldo pada akhir periode.

Jenis Laporan Keuangan UKM
Jenis laporan keuangan UKM juga telah ditetapkan IAI. Model laporan keuangan UKM ini hampir sama dengan perusahaan besar lainnya, hanya saja jauh lebih sederhana.

1. Neraca
Untuk mengetahui posisi keuangan suatu perusahaan, UKM membutuhkan neraca yang dibuat setahun sekali. Laporan ini memiliki beberapa unsur seperti harta, kewajiban dan modal.

2. Laporan Laba Rugi
Laporan ini memuat laporan tentang selisih pendapatan dengan biaya beban.

3. Laporan Perubahan Ekuitas
Ekuitas merupakan selisih total aktiva dengan pasiva. Nah, perubahan ekuitas ini adalah selisih ekuitas saat ini dengan periode sebelumnya.

4. Laporan Arus Kas
Memuat informasi arus kas masuk dan keluar pada periode waktu tertentu.

Tahapan Membuat Laporan Keuangan UKM

Adapun tahapan untuk membuat laporan keuangan UKM adalah:

1) Pisahkan uang pribadi dan usaha
Berbisnis memang demi meraup keuntungan bagi si pemilik. Tapi bukan berarti Anda lantas mengambil semua keuntungan untuk keperluan pribadi. Anda harus memutarnya untuk mengembangkan usaha agar lebih baik lagi.

Namun sayangnya, masih banyak pelaku UKM yang belum bisa memisahkan uang pribadi dengan uang usaha.

2) Kumpulkan Bukti Transaksi
Pada langkah awal, Anda harus mengumpulkan data transaksi yang telah dikumpulkan sejak awal berupa transaksi debit dan transaksi kredit. Kemudian identifikasi data tersebut dengan memisahkan antara nota dan kwitansi.

3) Ringkas Laporan Keuangan
Kemudian ringkaslah data tersebut dalam sebuah laporan. Ini dilakukan demi mempermudah Anda dalam menganalisis data yang ada untuk dibuatkan neraca saldo.

Soal Pilihan Ganda:

1. Dibawah ini jenis laporan keuangan UKM adalah, kecuali... 
A. Jurnal umum
B. Laporan laba rugi
C. Laporan arus kas
D. Laporan perubahan ekuitas
E. Neraca

2. Laporan Keuangan menyatakan bahwa laporan keuangan adalah bersifat historis dan menyeluruh sebagai suatu laporan kemajuan (progress report). Hal tersebut merupakan pengertian laporan keuangan menurut.... 
A. Zaki baridwan
B. Munawir
C. Abraham
D. Aristoteles
E. Murti sumarni

3. Laporan keuangan yang menunjukan berapa uang yang di punyai oleh perusahaan itu adalah defenisi dari…
a. Estimasi laba/rugi
b. Estimasi pembelian
c. Estimasi beban penjualan
d. Estimasi kas
e. Estimasi penjualas

Senin, 18 Maret 2019

Menilai Perkembangan Usaha

MENILAI PERKEMBANGAN USAHA

Soal Pilihan Ganda :
Dibawah ini yang bukan merupakan jenis-jenis strategi perkembangan usaha adalah.... 
a. Strategi pengembangan pasar
b. Strategi pengembangan produk
c.  Strategi Inovasi
d. Strategi industri
e. Strategi Integrasi Nasional